HUJAN


Sebagian orang tidak suka akan hujan karena menyebabkan berbagai masalah seperti banjir dan menimbulkan berbagai penyakit. Namun di sisi yang lain ada yang sangat berharap akan datangnya hujan. Terlepas dari baik buruk dampak datangnya hujan, ada pelajaran yang dapat kita petik dari hujan. Jika di tanggapi dengan bijak air hujan yang berkali-kali jatuh ke tanah tidak sekalipun mengeluh. Setelah butir air tersebut jatuh, ia langsung terserap ke tanah ataupun segera mengalir. Sama seperti air hujan tersebut, dalam perjalanan hidup tentunya kita sering kali terjatuh oleh masalah-masalah yang senantiasa menguji kita. Namun kita dapat mencontoh air hujan dengan tidak mengeluh, karena Tuhan menciptakan segala sesuatu di dunia ini secara berpasangan. Dengan kata lain setiap masalah diciptakan berpasangan dengan solusinya. Tidak perlu mengeluh dan putus asa dengan berbagai masalah yang ada, hadapi masalah di hidup ini dengan penuh syukur karena semua permasalahan senantiasa melatih kita untuk menjadi lebih dewasa. Kalupun harus terjatuh kita juga harus siap untuk berdiri agar menjadi lebih baik lagi.

Datangnya hujan tidak pernah satu, dua ataupun hanya tiga tetes air. Hujan selalu datang secara bersama-sama dalam jumlah yang sangat banyak. Mereka senantiasa saling menyambung satu sama lain agar tercipta suatu harmoni yang saling berpadu dalam derasnya hujan. Sebagai makhluk sosial, kita hendaknya juga mencontoh hujan yang selalu berkelompok. Dalam hidup hendaknya kita membangun relasi baik dengan sesama karena tidak mungkin kita dapat hidup sendiri. Dengan adanya relasi dengan sesama setiap permasalahan yang kita hadapi dapat kita selesaikan dengan bantuan orang lain sehingga masalah yang ada terasa ringan. Hendaknya kita salin tolonh menolong terhadap orang lain yang membutuhkan. Dengan menjalin relasi yang baik akan tercipta kehidupan yang damai tanpa ada permusuhan ataupun saling mebedakan. Sehingga kehidupan di dunia ini akan terasa damai dan tentram tanpa ada kecemasan akan terjadinya pertikaian.

Di cuaca yang panas, datangnya hujan dapat memberikan kesejukan dan memberikan kenyamanan bagi lingkungan sekitar. Selain itu air hujan yang jatuh dan terserap ke tanah dapat menyuburkan tanah dan memberikan kehidupan bagi tumbuhan. Sementara yang mengalir ke sungai memberikan ruang hidup yang lebih segar bagi hewan ataupun tumbuhan air. Kita juga dapat melakukan hal yang sama dalam hidup kita dengan tindakan-tindakan baik yang mungkin kita lakukan bagi sesama. Dengan saling berbagi dengan sesama dan senantiasa memberikan pertolongan bagi yang membutuhkan kita telah membuat orang lain merasa nyaman berada di sekitar kita. Sehingga kehadiran kita selalu membawa manfaat positif bsgi lingkungan sekitar dan semua yang tinggal di sekitar kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar