Catatan Akhir Kuliah


Siapa bilang kuliah itu enak? Karena kuliah merupakan bagian dari perjuangan yang harus dilakukan. Bukannya kayak lomba lari, yang harus adu cepat mencapai garis finish. Kuliah itu masih bagian kecil sebuah proses. Jangan berbangga dulu atau berkecil hati sama apa yang didapat saat ini. Semua butuh waktu, belajar menghargai proses dari sebuah perubahan. Sebelum Wisuda, semua harus sudah dipersiapkan untuk rencana ke depan, jika tidak, semua akan sia-sia.

Kuliah bukan hanya sekedar "taste", tapi harus belajar lebih jauh lagi. Tanggung jawab adalah beban ketika kau mulai memahami kesalahan yang kau perbuat sejauh ini. Namanya juga mahasiswa, harus siap dengan segala konsekuensinya. Baik yang enak ataupun yang gak enak!! Mahasiswa bodoh akan selalu mengeluh ketika dapat masalah. Namun, Mahasiswa pandai akan menyelesaikan permasalahan. Mahasiswa sejati adalah mahasiswa yang harus bersabar, dengan segala ketidakpastian. Lari dari tanggung jawab adalah pilihan para pengecut. Manusia lahir dengan takdir sebagai pemimpin dan penjaga, bukan pecundang.

Bagi mahasiswa, siang tidak pernah terlalu siang dan malam tidak pernah terlalu malam. Siang jadi malam, malam jadi siang... Itulah cara hidup mahasiswa yang dikejar deadline tugas. Harus ditanamkan bahwa "kuliah" itu untuk pengabdian terhadap ilmu pengetahuan bangsa & agama. Bukan semata-mana utk mencari pekerjaan & kaya. Tugas kuliah memang penting, tapi jangan sampai tiap hari begadang dan kesehatan diabaikan.

Mahasiswa itu semangatnya ibarat cinta yang membara di awal kuliah. Cinta itu semacam layak diceritakan di semester awal... dan malas dikisahkan kalo udah ketemu skripsi. Saat beranjak menjadi mahasiswa tingkat akhir yang ada hanya skripsi yang disertai sebuah pertanyaan..."kapan wisuda?!!" Semakin beban terasa berat, Jadi kangen waktu jadi mahasiswa baru dulu, datang ke kampus tanpa dosa, masih belum banyak tugas. Dan saat sudah tidak lagi semangat kuliah. Nih ya kuliah ibarat hubungan cinta, disaat kamu berpikir mau berhenti, kamu harus ingat ketika dulu kamu memulai. Skripsi bukan musuh mahasiswa semester akhir, skripsi adalah sepotong cinta.

Kuliah itu mempelajari banyak hal, kehidupan, persahabatan, akademik, manajemen diri, organisasi, kedewasaan dan cinta. Kecerdasan spiritual adalah salah satu hal yg harus dikembangkan dalam diri mahasiswa. Ingat, ilmu tanpa agama = Buta. [Einstein]. Ilmu yang tersebar luas, bukan hanya di bangku kuliah. Salah jurusan bukan berarti salah masa depan. Selama masih optimis tak pernah ada kata terlambat, bahkan nasi sudah jadi bubur pun masih bisa di olah menjadi bubur. 1 bab itu dipelajari dalam 1 SKS dan 1 SKS setara 50 menit. Jadi, pergunakan waktu kalian dengan sebaik baiknya.

Menjadi mahasiswa harus dinikmati sebaik mungkin, masa-masa jadi mahasiswa tak akan terulang kembali kalau sudah lulus kuliah. Fokus kuliah, tekuni hobi, jadilah orang sukses dan beli lah omongan orang-orang yang pernah mencaci anda.

2 komentar:

  1. rasanya saya semakin takut dengan semester akhir, mendengar cerita2 dari senior yg sedang skripsi saja seperti sudah terasa "pasti akan berat nih" hhaha, apalagi melihat senior2 angkatan 2013 yg belum juga wisuda tahun ini, akankan mereka di D.O wkwkkw, entahlah kedepannya akan bagaimana saya cuma bisa menikamati kuliah awal semester 3 untuk saat ini;)

    BalasHapus
  2. Keren. Tulisannya ngena bgt.

    Kalau berkenan mohon krisannya dong kak untuk tulisanku di  Cerita Alister N. Makasih 🙏🙏

    BalasHapus