#KKN_UNS_2015 (Bancak_Gunungwungkal_Pati_Jawa_Tengah)


2 Juli s/d 20 Agustus 2015 merupakan waktu yang singkat untuk menjadi sebuah kenangan panjang. Hampir sekitar dua bulan sebelumnya, kami yang ada di sini belum saling mengenal bahkan masih terasa canggung untuk saling menegur sapa. Disatukan dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) memberikan banyak kenangan dan pengalaman berharga yang telah kami jalani di desa Bancak, kec. Gunungwungkal, Pati, Jawa Tengah.

6 minggu yang telah kami lalui di lokasi KKN merupakan bentuk aplikasi nyata terhadap pengetahuan yang telah kami
peroleh di bangku perkuliahan yang dapat kami bagikan kepada masyarakat, khusunya masyarakat di desa Bancak. Sebagai bentuk pengabdian terhadap warga desa secara langsung, beberapa kegiatan kami selenggarakan sebagai sarana saling bertukar ide dan pengetahuan dengan warga desa Bancak. Demonstrasi pembuatan kripik daun singkong, sosialisasi dan pengolahan sampah an-organik, pembuatan kompos, dan pelatihan metode penanaman hidroponik serta beberapa kegiatan kemasyarakatan lainnya berhasil kami laksanakan. Dukungan positif dari perangkat desa dan seluruh warga sungguh memberikan kenangan dan pengalaman luar biasa yang kami peroleh.

Disini kami bukan saja berbagi pengetahuan dan ilmu yang kami peroleh di jenjang pendidikan, namun kami juga mendapat kesempatan untuk belajar kultur budaya dan sosial masyarakat setempat. KKN merupakan sebuah sarana yang efektif untuk memperoleh pengalaman belajar, suatu pengalaman belajar yang tidak dapat diperoleh di dalam kampus. Sarana belajar untuk mengasah pengetahuan, kemampuan, dan kesadaran tentang problem yang ada di dalam masyarakat dan menemukan pemecahan masalah (problem solving) yang dihadapi masyarakat secara langsung.

terima kasih kawan,
julius@student.uns.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar