Simulasi Traffic Light Dengan Arduino Uno


Cerita lain kuliah di Jurusan Fisika F MIPA UNS, bukan hanya masuk kuliah mendengarkan ceramah sambil mengerjakan tugas di atas kertas. Di mata kuliah Mikrokomputer dan Antarmuka yang diampu oleh Bapak Nuryani, berhasil dibuat suatu simulasi traffic light dengan menggunakan Arduino Uno. Dalam tugas yang telah dikerjakan, dibuat suatu suatu prototype perempatan dengan system traffic light yang dijalankan dengan suatu program yang dibuat dengan Arduino Uno.

Arduino adalah papan rangkaian elektronik (electronic board) open source yang didalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler berbasis ATMega 2560. Mikrokontroler itu sendiri adalah suatu chip atau IC (Integrated circuit) yang bisa diprogram menggunakan komputer. Program yang direkam bertujuan agar rangkaian elektronik dapat membaca input, memproses dan kemudian menghasilkan output sesusai yang diinginkan. Outputnya bisa berupa sinyal, besaran tegangan, lampu, suara, getaran, gerakan dan sebagainya.

Untuk listing program yang telah dibuat merupakan program untuk mengatur lampu yang menyala pada perempatan sesuai dengan kondisi sebenarnya. Kondisi perempatan dibuat dengan ketentuan arah lalu lintas seperti gambar berikut :


Untuk listing program yang telah dibuat dapat di download disini.

julius@student.uns.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar