Kuliah Lapangan Geologi fisis “Bayat-Wonogiri”


Salah satu pengalaman dari kuliah di semester 6 adalah kuliah lapangan mata kuliah Geologi Fisis di Jurusan Fisika F MIPA UNS yang diampu oleh Bapak Sorja Koesuma. Bekerja sama dengan Jurusan Teknik Sipil UNS, diadakan kuliah lapangan yang dilaksanakan di daerah Bayat dan Wonogiri. Dalam kuliah lapangan yang dilaksanakan tanggal 7 Juni 2014 memberikan gambaran langsung terhadap jenis-jenis batuan yang ada di daerah Bayat dan Wonogiri.

Bayat merupakan salah satu Laboratorium alam bagi para ahli geologi selain daerah Karang Sambung di Kebumen dan di daerah Banten. Terletak di Perbukitan Jiwo, bentang alam Bayat memberikan banyak informasi bagi para peneliti di bidang geologi baik dari formasi geologi, kenampakan alam, singkapan batuan dan tambang bahan galian yang ada di Bayat. Beberapa tempat di dikunjungi dalam kuliah lapangan di Bayat adalah Tambang Batu Gamping G. Kampak Kp. Jimbung, G. Pendul- G. Konang Ds. Gununggajah, dan Tambang Marmer G. Jokotuo. 

Di Tambang Batu Gamping G. Kampak Kp. Jimbung, merupakan daerah tambang batu gamping yang masih aktif hingga sekarang. Kemudian di komplek G. Pendul- G. Konang di dapat struktur batuan yang begitu komplek. Mulai dari singkapan batuan beku, sedimen hingga metamorf dapat dijumpai disini. Sementara di G. Jokotuo merupakan daerah tambang marmer yang sudah tidak beroperasi lagi. 

Kemudian kuliah lapangan ini berlanjut ke Wonogiri di sekitar waduk Gajah Mungkur. Di sebelah barat dan timur waduk dibatasi oleh morfologi perbukitan, yang tersusun oleh batuan volkanik dan batugamping. Disini diperoleh gambaran tentang Geomorfologi dan Geologi Daerah Waduk Wonogiri yang meliputi Singkapan batuan volkanik Lembah Batas Kota dan Singkapan batuan volkanik di As Dam Waduk Wonogiri.

julius@student.uns.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar