Insomnia



Tidur adalah sebuah misteri. Apa yang terjadi saat tidur? Apakah seperti mati suri? Kemana kesadaran kita? Apa yang terjadi pada tubuh? Dan apa itu mimpi?

Ada orang yang tidur sambil mendengkur, ada yang mengigau, ataupun ada yang (katanya) sambil berjalan. Tidak ada yang tahu apa yang sebenarnya terjadi ketika tidur. Tidur bisa menjadi anugrah bisa juga musibah.

Dari banyaknya fenomena tentang tidur, ada pula masalah susah tidur (di malam hari). banyak yang menyebut insomnia (entah apa definisi sebenarnya insomnia) hanya tiduran, ingin tidur tapi tidak bisa, meski (sebenarnya sangat) ingin untuk tidur. Dan itulah yang sedang terjadi saat (membuat tulisan) ini.

Saat insomnia terkadang terlintas dalam pikiran nikmatnya orang yang sudah tertidur. Berbeda dengan tidur siang, bagi (hampir) semua orang bisa tidur siang atau tidak adalah normal. Namun, pada malam hari, itu gangguan.

Insomnia bukan begadang…lain. Begadang cenderung disengaja dan dipersiapkan misal untuk lembur kerjaan atau memang kerja malam, jaga keamanan, dan mungkin sekedar nonton bola. Namun insomnia, tidak ada rencana dan tidak ada aktivitas pasti, biasanya hanya tiduran di kamar, sambil baca buku mungkin atau main game.

Jadi apa sebenarnya insomnia, mungkin (pendapat pribadi) insomnia adalah bentuk keseimbangan alam terhadap hibernasi, seperti Ying dan Yang ataupun seperti cahaya dan bayangan. Ya…karena alam selalu menuntut keseimbangan di dalamnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar